1. Sebukan dan jelaskan 4 pelaku bisnis di Indonesia?
Faktor utama pelaku bisnis antara
lain;
- Pemilik,
orang yang mengivestasikan uangnya dalam suatu kegiatan bisnis dengan
maksud untuk memperoleh keuntungan dari uang atau modal yang
ditanamkannya.
- Manajer, orang
yang bertanggung jawab terhadap kinerja perusahaan, bertanggung jawab atas
pencapaian keuntungan perusahaan, pertumbuhan perusahaan serta pertanggung
jawaban sosial.
- Tenaga
kerja, individu yang menawarkan keterampilan dan kemampuan untu memproduksi
barang atau jasa agar perusahaan dapat meraih keuntungan dan untuk itu
individu tersebut akan memperoleh upah/gaji sesuai dengan keterampilan
yang dimilikinya.
- Konsumen,
individu atau bisnis yang memberli produk atau jasa yang dihasilkan suatu
perusahaan untuk pemakaian pribadi.
2. Apa manfaat mata kuliah pengantar bisnis untuk
perjalan karir dimasa yang akan datang, jelaskan.
Karena perkembangan dunia bisnis saat ini khususnya di
Indonesia yang sedang membangun ekonomi bangsanya yang tampak telah memasuki
era tinggal landas sehingga mendorong kita untuk mempelajari secara lebih
mendalam tentang bisnis dan kegiatanya. Manfaat-manfaat yang
kita dapatkan dalam belajar bisnis antara lain:
- Kita
dapat bekerja secara efektif (bekerja dengan cara yang benar, sehingga tidak menimbulkan masalah atau dampak
negatif ) dan efisien (mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya rendah
atau tertentu) di dunia bisnis .
- Dapat
melatih kemampuan kita untuk melihat, menganalisis, menyelesaikan masalah,
mengambil keputuan bisnis yang benar tentang berbagai aktifitas dan objek
bisnis.
- Dapat
menyesuaikan usaha kita dengan dunia bisnis yang selalu berubah-ubah
karena pengaruh globalisai perdagangan global serta perubahan dibidang
teknologi informasi dan komunikasi .
- Serta
kita dapat meraih sukses didunia usaha .
3. Sebutkan 5 masalah bisnis yang biasa di dengar dimedia cetak, jelaskan.
Dangkal
nya sumber daya manusia
Seperti Negara
tetangga lainnya di asia tenggara , Indonesia masih kekurangan tenaga
professional handal . berdasarkan International Labour Organization (ILO) , Indonesia
semakin kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja seiring dengan cepat
nya laju globalisasi, perkembangan tekhnologi mutakhir, dan pola kerja
dinasmis.
Rumitnya
birokrasi
AFP mengungkapkan
Indonesia merupakan salah satu negara terburk bagi startup untuk
urusan birokrasi. Situs Startups.co.uk mengartikan
birokrasi sebagai kode etik, hukum dan peraturan yang dibuat saat memulai
bisnis baru. The Organisation for Economic Co-operation and Developme(OECD)mengatakan
rata-rata dibutuhkan lima hari dan lima prosedur untuk membangun entitas
korporasi di negara seperti AS.
Target
konsumen yang sulit diraih
Indonesia,
negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, merupakan posisi kelima dari
pasar e-commerce di Asia berdasarkan penjualan. Pengguna internet di negara ini
tumbuh menjadi 74,6 juta di tahun lalu dan seharusnya dapat tumbuh dua kali
lipat menjadi 125 juta di tahun 2017. Namun jangan cepat tergiur untuk
berinvestasi.
Logistik
untuk e-commerce tidak dapat diandalkan
Hambatan lebih
lanjut dalam ranah ecommerce di Indonesia, MarkPlus Insight menambahkan, ialah konsumen mengalami
kesulitan membayar barang pesanan dan mendapatkan jasa pengiriman. Buruknya
infrastruktur di Indonesia menjadi salah satu alasan e-commerce disini memiliki
potensi besar, karena banyak warga perkotaan tetap dapat berbelanja di area
yang terkena macet. Namun jalanan yang buruk dan alamat tidak lengkap juga
menjadi tantangan untuk proses pengiriman barang.
Konsumen
yang ikut-ikutan
Investor yang
ingin membawa inovasi paling mutakhir dari Silicon Valley ke Jakarta mungkin
butuh untuk berpikir ulang. Studi menunjukkan konsumen di Indonesia lebih
tertarik pada produk dan jasa yang sudah memiliki nama besar di pasar. Hal ini
juga menempatkan banyak konsumen Indonesia dikategorikan sebagai ”late
adopters”, yang berarti belum yakin terhadap merk baru dan belum terkenal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar