Jumat, 27 November 2015

Tugas 4 - Pengantar Bisnis

1.      Apa yang dimaksud dengan:
a.      Harga
b.      Promosi
c.       Barang
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansialpada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.

2.      Jelaskan menurut sendiri mengapa masalah harga dapat membrikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang dan bagaimana pula pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian? Min 50 karakter.


Menurut saya masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen, karena produsen yang dapat menentukan harga yang langsung berpengaruh terhadap laba. Untuk mencapai laba yang sangat tinggi produsen pun harus mempunyai atau memeliki prinsip dimana barang yang akan di produksi harus memiliki kualitas bagus seperti ; bahan  baku yang berkualitas tetapi dengan harga yang realtif murah. Karena tinggi rendahnya kualitas akan berpengaruh terhadap suatu produk yang diproduksi.  Karena seringkali konsumen memiliki sebuah produk dengan harga terjangkau atau murah tetapi kualitas produk tinggi, jadi  produsen menggunakan prinsip atau pendekan harga untuk dapat mendukung tujuan bisnis secara keseluruhan. 

Sementara itu, dari sudut pandang konsumen harga sering kali digunakan sebagai indicator nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti kata harga merupakan pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses pengambilan keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen itu sendiri. Dalam keputusan pembelian/membeli barang, konsumen ada lebih dari dua pihak yang terlibat dalam proses pertukaran atau pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah pembelian. Umumnya ada lima macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. Ada kalahnya kelima peran ini dipegan satu orang, namun sering kali pula peranan tersebut dilakukan beberapa orang. Pemahaman mengenai masing-masing peranan ini sangat berguna dalam rangka memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

3.      Apa yang dimaksud dengan :
a.      Pasar
b.      Berikan contoh salah satu perusahaan yang menggunakan orientasi pasar? Jelaskan apa manfaatnya bagi produsen dalam jangka panjang!

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.

Orientasi pasar dijadikan sebagai budaya bisnis yang mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. Hal ini akan mengakibatan terciptanya kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing perusahaan . Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour, lottemart, P.T astra honda. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang yaitu mencapai keunggulan bersaing ,tujuannya perusahaan yaitu untuk membentuk dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk perusahaan sehingga memenuhi target laba.




Sumber





Tidak ada komentar:

Posting Komentar