1.
Apa yang dimaksud dengan:
a. Harga
b. Promosi
c. Barang
Harga adalah suatu
nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain
untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau
kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk
memberikan nilai finansialpada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan
kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi
rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan
dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.
Promosi adalah upaya
untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan
kenaikannya angka penjualan.
Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan
karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Dalam makroekonomi dan akuntansi,
suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan
pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan,
kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible).
Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.
2. Jelaskan menurut sendiri mengapa masalah harga dapat
membrikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang dan bagaimana pula
pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian? Min 50 karakter.
Menurut saya masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen, karena
produsen yang dapat menentukan harga yang langsung berpengaruh terhadap laba.
Untuk mencapai laba yang sangat tinggi produsen pun harus mempunyai atau
memeliki prinsip dimana barang yang akan di produksi harus memiliki kualitas
bagus seperti ; bahan baku yang
berkualitas tetapi dengan harga yang realtif murah. Karena tinggi rendahnya
kualitas akan berpengaruh terhadap suatu produk yang diproduksi. Karena seringkali konsumen memiliki sebuah
produk dengan harga terjangkau atau murah tetapi kualitas produk tinggi, jadi produsen menggunakan prinsip atau pendekan
harga untuk dapat mendukung tujuan bisnis secara keseluruhan.
Sementara itu, dari sudut pandang konsumen harga sering kali
digunakan sebagai indicator nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan
manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti kata harga merupakan
pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses
pengambilan keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi
oleh perilaku konsumen itu sendiri. Dalam keputusan pembelian/membeli barang,
konsumen ada lebih dari dua pihak yang terlibat dalam proses pertukaran atau
pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk,
merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah pembelian. Umumnya ada lima
macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. Ada kalahnya kelima peran ini
dipegan satu orang, namun sering kali pula peranan tersebut dilakukan beberapa
orang. Pemahaman mengenai masing-masing peranan ini sangat berguna dalam rangka
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
3. Apa yang dimaksud dengan :
a. Pasar
b. Berikan contoh salah satu
perusahaan yang menggunakan orientasi pasar? Jelaskan apa manfaatnya bagi
produsen dalam jangka panjang!
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem,
institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual
barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan
jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat.
Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang
memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.
Orientasi pasar dijadikan sebagai budaya bisnis yang mempunyai
komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan.
Hal ini akan mengakibatan terciptanya kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan
yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing
perusahaan . Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah
carrefour, lottemart, P.T astra honda. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka
panjang yaitu mencapai keunggulan bersaing ,tujuannya perusahaan yaitu untuk
membentuk dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk perusahaan sehingga
memenuhi target laba.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar